Berita Terbaru :

Minggu, 27 Januari 2013

Internet Marketing untuk Pemula dan Professional

Apa itu internet marketing, dan mengapa internet itu perlu, serta bagaimana menjalankannya, akan saya bahas di artikel ini. Selamat membaca.
Internet marketing, sesuai dengan namanya adalah upaya pemasaran melalui internet sebagai medianya. Di tengah hiruk pikuk masyarakat di internet, serta mulai berubahnya internet sebagai kebutuhan primer, pemasaran melalui internet mutlak diperlukan.

Hampir semua orang sekarang bisa mengakses internet melalui berbagai media, terutama media bergerak. Perubahan gaya hidup dari gaya hidup offline, mengarah ke gaya hidup online membuat “lalu-lalang” manusia di dunia maya, seperti situs-situs jejaring sosial, forum diskusi, dan sebagainya, begitu padat dan pesat.

Apa yang dilakukan orang itu di internet? Mereka berteman dan bersosialisasi, publikasi, mengakses dan mengambil sesuatu, diskusi, menjual, berbelanja, dan berbagai aktifitas online lainnya. Jutaan orang sudah mengakses internet, baik lokal maupun global. Aktifitas berinternet yang tinggi itu membuat pasar internet semakin tinggi, dan menjadi peluang yang nyata bagi pebisnis-pebisnis untuk mengarahkan pasarnya ke sana.
Nah, sekarang pertanyaannya adalah “Siapkah Anda untuk masuk ke dunia internet marketing, dan mengarahkan bisnis Anda ke dunia maya?”
Jika Anda siap, maka Anda harus mengetahui bagaimana menjalankan pemasaran internet. Mari kita bahas lagi. :)
Pemasaran internet sekarang mulai banyak yang lakukan itu karena 3 hal: Mudah, Murah, dan Scalable.
Internet Marketing itu Mudah. Ya, karena hampir semua orang bisa melakukannya. Sudah banyak situs dan layanan yang bisa kita gunakan. Melakukannya juga bisa dari mana saja, baik di rumah, kantor, atau di mana saja, selama terhubung dengan internet.
Internet Marketing itu Murah (bahkan gratis). Tidak percaya? Untuk mempublikasikan produk atau layanan kita, kita bisa menggunakan situs jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter. Bisa juga dengan membuat blog-blog di layanan gratisan, seperti Blogger, atau WordPress. Bisa juga masuk ke forum-forum, seperti KasKus atau SupplierLokal.com. Semua gratis!
Mau yang berbayar sedikit? Sewalah nama domain dan hosting, yang biayanya variatif, mulai dari Rp. 35.000,- hingga ratusan ribu. per tahun. Lalu buatlah situs Anda sendiri dengan nama yang sudah dipilih tadi.
Internet Marketing itu Scalable. Scalable artinya terukur. Memasarkan sesuatu di internet itu sangat bisa diukur, baik jangkauannya atau tingkat keberhasilannya. Anda ingin memasarkan produk untuk area kota Anda saja? Bisa! Atau mau ke tingkat nasional atau global? Bisa!
Lihat saja, sekarang banyak bermunculan situs-situs yang mengejar pangsa pasar lokal saja, seperti Groupon, atau jejaring sosial yang bermain-main di wilayah lokal, seperti Foursquare dan Koprol. Begitupun media periklanan, di mana Anda bisa beriklan di internet hanya untuk wilayah tertentu saja, atau pangsa pasar tertentu saja. Semua bisa di internet.
Anda juga bisa mengukur berapa tingkat keberhasilan promosi online Anda. Sangat bisa! Ada banyak tools yang bisa membantu Anda untuk ini.
Hebat, bukan? Nah, sekarang pasti Anda bertanya-tanya bagaimana untuk memulai pemasaran via internet ini. Tapi tahan penasaran Anda. Kita akan bahas di tulisan selanjutnya.
Selamat beraktifitas, selamat selamanya!

0 komentar:

Posting Komentar