Berita Terbaru :

Rabu, 27 Februari 2013

Amankah Kirim Uang dari BlackBerry Messenger?

Associated Press
JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) Money telah hadir di Indonesia pada Selasa (26/2/2013). Aplikasi transaksi perbankan secara digital khusus untuk ponsel BlackBerry ini, diklaim memberi jaminan keamanan.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengakses rekening bank dari ponsel BlackBerry, lalu mengirim uang atau melakukan pembayaran ke kontak BBM teman yang juga telah memiliki akun BBM Money. Aplikasi ini dikembangkan oleh Agit Monitise Indonesia, kemudian diterbitkan dan dikelola oleh Permata Bank.

Di dunia, BBM Money di Indonesia merupakan proyek percontohan komersial pertama di mana BlackBerry Messenger dimanfaatkan sebagai alat pembayaran digital. Layanan ini dilindungi oleh langkah-langkah keamanan standar termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan dan batas seperti ketentuan Bank Indonesia.

Pengguna diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi nama, nomor telepon seluler, serta identitas lain saat ingin membuat akun BBM Money. Direktur Agit Monitise Indonesia, Calvin Lim mengatakan, setiap transaksi di BBM Money harus memasukkan passcode sebagai kode keamanan.

Setelah itu, akun BBM Money itu diisi uang dengan cara melakukan transfer melalui salah satu mesin ATM. Saat ini BBM Money melayani pengiriman uang, mengisi ulang pulsa hingga, transfer antarbank. Pengguna juga bisa mengecek sejarah transaksi dalam BBM Money.

Transaksi di BBM Money hanya bisa dilakukan jika pengguna menggunakan jaringan internet dari operator seluler yang dipakai. Aplikasi ini tak mengizinkan transaksi yang memakai jaringan WiFi. "Unsur keamanan di WiFi tidak terlalu ketat. Jadi, untuk menjalankan transaksi tidak bisa pakai WiFi," jelas Calvin dalam jumpa pers di Jakarta.

Jika ponsel BlackBerry hilang, aplikasi BBM Money memang masih bisa dijalankan. Namun, pihak pencuri tak akan bisa melakukan transaksi karena tidak mengetahui nomor passcode yang telah ditetapkan pihak pertama. Analoginya seperti kartu ATM yang hilang, pemilik rekening dimungkinkan memblokir akun BBM Money dengan cara menghubungi pihak Permata Bank.

Selain nasabah Permata Bank, aplikasi BBM Money juga bisa digunakan oleh nasabah bank lain yang ada di Indonesia, selama mereka memiliki perangkat BlackBerry dan memiliki akun BBM Money. Setiap bank diberikan kode untuk mempermudah proses transaksi. Permata Bank sendiri dikenali dengan kode 013 di aplikasi BBM Money.

Tentu saja, ada perlakuan yang berbeda antara nasabah Permata Bank dan nasabah dari bank lain.

Direktur Retail Banking Permata Bank, Lauren Sulistiawati menjelaskan, nasabah Permata Bank tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan transaksi di BBM Money. Sementara nasabah bank lain dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 saat bertransaksi di BBM Money.

Maksimal transaksi dari BBM Money dibatasi Rp 5 juta untuk sekali transaksi. Dalam jangka waktu sebulan, maksimal transaksinya adalah Rp 20 juta.

Terus dikembangkan

Aplikasi BBM Money yang kini masih dalam tahap pertama, akan terus dikembangkan untuk menambah fitur. Agar bisa menjalankan BBM Money, ponsel Anda harus memenuhi spesifikasi minimal bersistem operasi BlackBerry OS 5 dan BBM versi 6.

Pada pengembangan tahap kedua, Pihak Agit Monitise berencana memperluas layanan BBM Money agar bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, kartu seluler pascabayar, sampai kartu kredit.

Di tahap ketiga, pengembangan diperluas lagi dengan menggandeng sejumlah merchant. BBM Money juga sedang dipelajari untuk dihadirkan di sistem operasi BlackBerry 10.

Editor: Reza Wahyudi

Berkat Telur Asin, Mery Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah


Selasa, 26 Februari 2013 | 10:47 WIB


KONTAN

KOMPAS.com - Telur asin mengantarkan Mery Yani sukses menjadi seorang pengusaha. Tak kuasa melihat usaha telur asin sang kakak hampir tutup, Mery segera mengambil alih. Lewat kerja keras, kini, ia berhasil menjual puluhan ribu telur asin setiap hari.
Pulang ke kampung halaman bukan berarti hilang kesempatan untuk meraih sukses. Mery Yani telah membuktikannya. Hanya butuh waktu empat tahun, perempuan 29 tahun ini berhasil melambungkan usaha telur asin hingga beromzet ratusan juta rupiah per bulan.
Kecintaan pada sang ibu yang terbaring sakit mendorong Mery Yani kembali ke Karawang pada 2005 silam. Padahal, di Jakarta, Mery tengah membangun karier sebagai akuntan di sebuah perusahaan impor.
Hingga akhirnya, ibunda berpulang pada 2007. Mery pun memutuskan untuk menetap di kota kelahirannya, sambil membantu sang ayah membuat pakan ternak dari dedak padi.
Belum surut kesedihannya, ia harus menghadapi kenyataan usaha telur asin milik sang kakak yang kian terpuruk. Mery memang sangat peduli akan usaha telur asin ini. “Telur asin merupakan penyokong hidup saya sejak masih sekolah dulu,” kenangnya. Ia pun tak bisa tinggal diam saat melihat usaha ini terancam tutup karena penjualan terus menyusut.
Beruntung, Mery pernah punya pengalaman menjajakan telur asin dari satu kios ke kios lain di pasar tradisional, semasa sekolah dulu. Berbekal pengalaman itu, ia pun memberanikan diri mengambil alih usaha sang kakak sejak November 2008. Sebagian uang klaim asuransi jiwa mendiang ibu pun menjadi modal awal usahanya.
Anak ketiga dari empat bersaudara ini mengawali langkahnya dengan memperkaya pengetahuan soal telur asin, baik dari buku maupun bertanya pada beberapa pengusaha yang lebih dulu terjun di bidang ini. Dari sana, Mery menyusun sebuah peta perencanaan usaha lengkap dengan standar kualitas telur, cara pemasaran, dan sistem manajerial karyawan.
Untuk memenuhi standar kualitas telur, Mery menjalin mitra dengan peternak telur bebek di sekitar Karawang. Ia memberi modal, baik berupa bibit bebek atau uang untuk membeli pakan. Tentu saja, para mitra itu nanti harus menyetor telur bebek ke usaha telur asin milik Mery.
Dalam proses pengasinan pun, lulusan Universitas Tarumanegara ini menggunakan bahan-bahan pilihan. Abu yang digunakan adalah abu hitam yang berasal dari sekam padi yang telah dibakar dan terjamin kebersihannya. Abu itu berasal dari lahan pertanian di sekitar Karawang.
Tak hanya membenahi pasok-an telur dan proses pengasinan, Mery juga mencermati pasar telur asin yang mengenal musim sepi. Nah, di saat pasar sedang sepi, lantaran pasokan telur asin berkurang, Mery segera memasok telur asin buatannya dalam jumlah besar.
Lolos sertifikasi
Sebagai pemain baru, tentu, situasi itu sangat menguntungkan. Bukan hanya soal fulus, cara tersebut juga berhasil mendongkrak merek telur asinnya, Sumber Telur Kilau. Alhasil, setelah merek telurnya banyak dikenal, penjualan Mery pun meningkat.
Dalam tempo setahun, Mery berhasil menggenjot penjualan hingga 1.500 butir per hari. Tak hanya itu, ia pun berhasil mengembalikan modal usahanya.
Sayang, saat penjualan meningkat, ia kembali berhadapan dengan masalah. Ia mendapati beberapa mitra yang ingkar menjual telur bebek untuk pabriknya. “Saya harus sabar mencari mitra lain,” ujar Mery.
Untuk menjaga agar pasokan telur bebek tetap stabil, Mery pun membangun peternakan sendiri. Di peternakan tersebut, Mery memiliki 1.500 ekor bebek yang diangon di sekitar Karawang dan Garut.
Ia juga terus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produknya. Pada 2010, Mery mendaftarkan telur produksinya ke Departemen Kesehatan Republik Indonesia untuk memperoleh sertifikasi kualitas gizi. Setiap produksi, telur-telur hasil peternakan Mery dan mitranya harus melalui beberapa tahap pengujian. Tahapan tersebut meliputi pencucian telur, pengujian dari segi bentuk dan tingkat keretakan, penyemprotan cairan antibakteri, serta uji laboratorium.
Kegigihan Mery mengemas ulang usahanya itu berbuah manis. Hingga saat ini penjualan telur asin cap Sumber Telur sudah menjangkau beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Kalimantan, Bangka Belitung, dan Lampung. Dalam kegiatan pemasaran, Mery mendapat dukungan lebih dari 50 distributor sesuai standar distributor ala Mery. “Mereka harus tahu kemauan konsumen, yang asin banget atau enggak terlalu asin. Distributor harus kenal betul dulu produknya,” terangnya.
Berkat berbagai standar ini, telur asin Mery bisa terjual 10.000 hingga 15.000 ribu butir telur per hari. Dengan harga jual berkisar Rp 1.700–Rp 2.500 per butir, setiap bulannya Merry telah dapat meraup omzet lebih dari Rp 300 juta.
Selain menyelamatkan usaha yang hampir bangkrut, Mery juga berhasil membuka lapangan kerja. Karyawannya telah berlipat, dari hanya empat orang pada awalnya, kini telah mencapai 30 orang. (Meylisa Badriyani/Kontan)
 
Sumber :
KONTAN
Editor :
Erlangga Djumena

Senin, 18 Februari 2013

6 budaya milik Indonesia perlu diakui oleh dunia

Dalam beberapa waktu ini telah terjadi klaim-mengklaim berbagai budaya Indonesia oleh Malaysia. Setelah sekian lama, akhirnya perjuangan untuk mendapatkan pengakuan UNESCO secara Internasional akhirnya tercapai juga. Dan atas pengakuan itu, Malaysia pun seharusnya merasa malu.

Berikut adalah budaya-budaya yang diakui oleh UNESCO sebagai budaya Indonesia antara lain :













1. WAYANG KULIT


UNESCO pada tanggal 7 November 2003 telah MENETAPKAN bahwa WAYANG KULIT adalah warisan budaya dunia yang BERASAL DARI INDONESIA.

Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika mengungkapkan, sejak 7 November 2003 lalu Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengakui wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.










2. KERIS


United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang merupakan organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) MENGUKUHKAN KERIS INDONESIA sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. "Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia, sekaligus mendapat penghargaan dunia sejak 25 November 2005," kata pendiri sekaligus Direktur Museum Neka Ubud, Pande Wayan Suteja Neka, Kamis (17/7).












3. BATIK


Perjuangan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan dunia atas batik sebagai warisan budaya asli Indonesia tidak sia-sia. United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) DIPASTIKAN akan mengukuhkan tradisi batik sebagai salah satu budaya warisan dunia ASLI INDONESIA pada Oktober 2009 mendatang di Perancis.

Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Tjetjep Suparman di Surakarta, Selasa (2/6/2009). “Butuh waktu tiga tahun untuk pengajuannya,” katanya. Sebelumnya, wayang dan keris juga telah mendapat pengakuan yang sama dari UNESCO beberapa waktu lalu.

“Enam negara yang merupakan perwakilan dari UNESCO telah melakukan pengkajian terhadap budaya batik,” kata Tjetjep. Setelah melakukan kajian serta verifikasi selama tiga tahun, akhirnya terdapat pengakuan terhadap budaya batik sebagai budaya MILIK INDONESIA. “Penetapannya pada 28 September 2009 besok,” kata Tjetjep. Sedangkan pengukuhannya baru akan dilakukan pada 2 Oktober 2009 di Perancis.

Sementara itu, perusahaan swasta produsen film dokumenter asal Malaysia, yakni KRU Sdn. Bhd. telah membuat film berjudul "Batik". Di situ dijelaskan bahwa batik Malaysia BERASAL DARI BATIK JAWA yang telah didesain menurut kultur Melayu di Malaysia. Begitu pula sejarah datangnya batik Jawa ke negara Malaysia.

Ada satu hal lagi yang lebih penting: MALAYSIA TIDAK PERNAH MEMATENKAN BATIK, karena BATIK MILIK INDONESIA. Yang dipatenkan oleh Malaysia HANYA MOTIF DAN CORAK, BUKAN BATIKNYA. "Kita sudah bicara dengan pihak budaya Malaysia dan mereka katakan tidak pernah patenkan batik. Yang dipatenkan motif dan coraknya," kata Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Eka A Suripto, Jumat (16/11/2007). Eka mengaku sudah melihat motif atau corak yang dipatenkan Malaysia dan bentuknya berbeda. "Motif Malaysia itu jarang. Kecuali kalau kita bisa buktikan. Dia tidak berani memakai motif batik Solo atau Pekalongan," imbuhnya.

Walaupun meskipun Malaysia tidak mematenkan batik, pemerintah RI tetap HARUS MEMATENKAN BATIK ke UNESCO - PBB untuk mengantisipasi adanya klaim batik oleh negara asing di masa-masa mendatang. Dan penetapan maupun pengukuhannya rencananya akan dilakukan pada tanggal 28 September 2009 dan 2 Oktober 2009 di Paris, Perancis.

4. RASA SAYANGE

Rasa Sayange

Reffrain:
Rasa sayange... rasa sayang sayange...
Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange

Bait:
Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari...
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar...
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi...
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

Pemerintah Malaysia akhirnya menyerah soal polemik lagu Rasa Sayange. Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Malaysia Rais Yatim telah bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Dalam pertemuan itu, MALAYSIA MENGAKUI BAHWA LAGU RASA SAYANGE ADALAH MILIK INDONESIA.

Ketua Umum DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Dharma Oratmangun mengatakan, dalam kunjungan ke Malaysia, lahir kesepahaman antara Jero Wacik dan Rais Yatim. "Persoalan lagu Rasa Sayange selesai. Secara de facto, Malaysia mengakui itu milik Indonesia," kata Dharma pada tanggal 12 November 2007.










5. REOG PONOROGO


Pemerintah Malaysia akhirnya MENGAKUI BAHWA REOG PONOROGO ADALAH MILIK INDONESIA. Tetapi, memang kebudayaan tersebut telah disebarkan di Johor dan Selangor oleh masyarakat Ponorogo yang tinggal di Malaysia sejak bertahun-tahun lalu.

"Reog tetap masih MILIK BANGSA INDONESIA," ujar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Mohammad Zin dari atas mobil pengeras suara milik pendemo, di depan Kantor Kedubes Malaysia, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis, 29 November 2007.

Zainal yang mengenakan baju koko berwarna biru itu, juga menegaskan sejarah berkembangnya Reog Ponorogo yang di Malaysia disebut sebagai Tarian Barongan.

"Sejarahnya rakyat Ponorogo pernah hijrah ke Johor dan Selangor. Anak cucu dari rakyat ini mengembangkan kebudayaan Reog Ponorogo yang mereka bawa dari Ponorogo. Namun, tetap saja asal-usul budaya ini tetap MILIK BANGSA INDONESIA," paparnya.










6. TARI PENDET


Perlu diketahui di sini bahwa pemerintah Kerajaan Malaysia TIDAK PERNAH MENGKLAIM Tari Pendet sebagai budaya asal negara tersebut. Iklan pariwisata Malaysia yang menampilkan Tari Pendet adalah DIBUAT OLEH SWASTA, yakni Discovery Channel yang berbasis di Singapura. Discovery Channel Singapore pun tidak memiliki relasi apapun dengan pemerintah Diraja Malaysia.

Discovery Channel Singapore pun sudah meminta maaf atas kelalaian tersebut dan menyatakan dengan jelas bahwa TARI PENDET ADALAH MILIK INDONESIA, BUKAN MILIK MALAYSIA.

Dengan demikian, Tari Pendet yang muncul di film promosi Enigmatic Malaysia bukanlah promosi wisata Malaysia. Bukan juga diproduksi dan didanai oleh kementerian pariwisata, kementerian kebudayaan Malaysia atau PH Malaysia, tapi dibuat oleh Discovery Channel yang berbasis di Singapura.

DC Asia Inc pun sudah mengakui bahwa kesalahan ada di staf bagian promosi mereka. DC Asia Inc pun sudah menyatakan permohonan maaf atas kesalahan itu kepada kementerian pariwisata Indonesia.

Tuduhan Malaysia telah mengklaim tari Pendet Bali itu tidak benar. Dan DC menyatakan tari Pendet itu milik Malaysia juga tidak benar, yang benar tari Pendet itu memang milik Indonesia dan Bali.

Sekarang udah kelihatan siapa yang bener dan siapa yang tidak. Kita tidak perlu caci maki bikin rusuh. Yang penting adalah bagaimana kita bisa mencintai dan melestarikan budaya kita sendiri sehingga tidak dicuri oleh negara lain.

UNESCO rencananya akan meresmikan batik di Paris, 2 Oktober 2009, mari kita semua pakai batik, untuk menghargai kerja pemerintah kita sehingga akhirnya batik diakui oleh masyarakat internasional

Kamis, 14 Februari 2013

Komputer Dalam Bentuk Jam Tangan

WristPC adalah perintis konsep yang menggabungkan semua fungsi komputer, mampu mengendalikan semua keperluan penting pengguna sepanjang hari. Komputer peribadi ultra mobil ini dapat dipakai di pergelangan tangan seperti jam tangan.
WristPC - Komputer dalam bentuk jam tangan
Ia membenarkan pengguna untuk terus sambung ke laman web bila-bila masa, di mana-mana sahaja. Konsep WristPC ini berfungsi dengan paparan 3.5 inci skrin sentuh ditambah pad kekunci di sebelah bahagian gelang tangan. Penggunanya boleh meletakkan panel paparan pada sudut yang berlainan untuk membuatkan skrin itu menghadap muka pengguna apabila peranti digunakan untuk SMS atau GPS.
WristPC - Komputer dalam bentuk jam tangan
Fon telinga tanpa wayar boleh dengan mudah dicabut dari bahagian gelang tangan dan boleh digunakan untuk membuat panggilan persidangan, menonton video ketika dalam perjalanan dan mendengar muzik. Bahan getah pada gelang tangan menawarkan cengkaman yang selesa untuk pemain permainan komputer.
WristPC - Komputer dalam bentuk jam tangan
WristPC - Komputer dalam bentuk jam tangan
Pereka: Saharudin Busri, Mohd Nizam Najmuddin, Mohd Rohaizam Mohd Tahar, dan Nuzairi Yasin
Kalau tak silap saya, perekabentuk-perekabentuk ini dari Malaysia. Mereka menyerahkan rekaan konsep ini ke tuvie.com.

Selasa, 12 Februari 2013

Rahasia Danau Paling Asin di Dunia Terkuak

Penulis : Yunanto Wiji Utomo | Selasa, 12 Februari 2013 | 10:11 WIB

Geological Science/Brown University Danau Don Juan

RHODE ISLAND, KOMPAS.com — Danau Don Juan di Antartika adalah danau paling asin di dunia. Danau ini terletak di McMurdo Dry Valley. Kadar garam danau yang mencapai delapan kali lipat Laut Mati sejak lama mengundang teka-teki.

Tim ilmuwan dari Brown University berhasil menguak rahasia keasinan danau tersebut. Mereka memublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Scientific Report baru-baru ini.

Geolog menemukan, garam dan air di Danau Don Juan berasal dari deposit kalsium klorida di sekitar danau. Garam "mengisap" air di udara saat kelembaban meningkat. Garam beserta air lalu mengalir ke danau. Air danau juga kadang berasal dari salju yang meleleh membawa garam.

Saat garam dan uap air di udara menyatu, corak gelap terbentuk di permukaan. Uniknya, corak ini juga didapatkan di Planet Mars.

James Head, co-author dalam publikasi penelitian, mengatakan bahwa Don Juan dan basin di Mars punya kesamaan. Sama-sama danau tertutup. Sejauh ini, telah ratusan basin tertutup yang ditemukan di planet merah itu.

"Jadi, apa yang kami temukan di Antartika mungkin menjadi kunci bagaimana danau bekerja di Mars masa lalu dan bagaimana kelembaban mengalir di permukaannya hari ini," kata Head.

James Dickson yang juga terlibat riset, seperti dikutip Discovery, Senin (11/2/2013), mengatakan bahwa secara umum seluruh komposisi terdapat di Mars untuk mendukung tipe hidrologi seperti Don Juan.

"Tidak mungkin ada air yang cukup di Mars sehingga bisa membentuk danau, tetapi arus yang lebih besar di Mars masa lalu mungkin membentuk banyak Don Juan," urai Dickson.

Riset untuk mengungkap rahasia keasinan Don Juan ini dilakukan dengan mengambil 16.000 gambar selama dua bulan terakhir. Perubahan warna dan penampakan lain danau diamati. Diketahui, warna dan penampakan lain menunjukkan kondisi lingkungan.
Sumber :
DISCOVERY
Editor :
yunan

Minggu, 10 Februari 2013

10 Fakta Lucu dan Unik Tentang Google yang Belum Anda Tahu


Google Logo
Apa yang akan anda pikir saat seseorang berkata “Search Engine” atau “Mesin Pencari”.? Kemungkinan besar pasti anda akan menjawab Google, yang tak lain adalah mesin pencari terpopuler saat ini. Walaupun pertumbuhan komersial meningkat sukses, pemiliknya (Sergey Brin dan Larry Page) pernah berdebat tentang, “Google bukanlah perusahaan konvensional, kami tidak bermaksud menjadikan satu.”

Ini dia TOP 10 Fakta Unik dan Lucu tentang Google agar anda tidak penasaran lagi :

1)  Gambar Doodle Pertama pada Google

First Google Doodle
Page terkenal dari Google “Doodles” (itu loh kalau Google-nya ganti logo) sudah banyak dikenal dan ‘dinikmati’ orang-orang ketika ada event spesial atau hari-hari besar gitu. Tetapi tahukah anda kalau Google Doodle yang pertama dibuat dengan pesan “out of office”?

Pada 1998, Brin dan Page cuti untuk pergi ke festival Burning Man di Nevada. “The Burning Man Doodle” (pada gambar diatas), didesain oleh dua orang tersebut dan dipajang di homepage Google agar pengguna tau kalau mereka lagi cuti keluar kantor dan tidak bisa mengatasi masalah teknik seperti crash pada server.

2)  Harga yang Menarik dari Google IPO

Google IPO
Ketika harga awal untuk saham Google di Initial Public Offering (IPO) pada Agustus 2004, harga pembuka yang ditawarkan untuk saham Google hanya $85 per saham! Saat itu, harga sahamnya $483 tetapi melambung tinggi menjadi $600 di akhir tahun, membuat GOOG menjadi investasi yang lebih baik.

Bonus dari IPO tadi ialah nilai Google naik tajam sebanyak $2.718.281.828 (banyak angka 8-nya ya). Keliatannya seperti susunan angka biasa saja. Tapi 2.718.281.828 sebenarnya 10 digit pertama dari konstansa matematika “e”, menunjukan kompani mereka akan Go Public. Orang Google hanya seperti “innocent” dengan humor angka tadi.

3)  Penyimpanan Google Pertama Terbuat dari LEGO

Google storage
Hosting kebanggaan Google ketika melakukan projek penelitian yang bernama “BackRub”. Di Stanford memperlihatkan penyimpanan Google yang ORIGINAL yang dipakai saat 1996. Itu hanya bermemori 40 GB (size lebih kecil dari iPod sekarang) dan terbuat dari bentuk batu-batu yang menyenangkan dilihat, yaitu dari LEGO. Dan terdapat bentuk lucu pada bagian atasnya.

Alasan menggunakan LEGO ialah orang (karyawan) Google butuh barang yang mudah dikembangkan dan murah. Apakah warna primer dari bentuk batu-batu bersusun tadi digunakan untuk inspirasi warna-warna pada desain logo Google, sepertinya itu bukan suatu kebetulan.

4)  Tweet Pertama Google

Google first tweet
Post pertaman Google di twitter cukup aneh dan unik. Tweet-nya pada Februari 2009:
I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.

Untuk yang ‘asing’ dengan biner, ini petunjuknya ~ Dikenal sebagai kata yang ada di homepage-nya Google. Dah tau? Ya, artinya : “I’m Feeling Lucky.

5)  Google Menyewa Kambing

Google rent goat
Ini merupakan salah satu lelucon April Mop : Google Rent out Goats. Yap, Google menyewa kambing dari kompani yang bernama California Grazing untuk menolong memotong (lebih tepatnya memakan) sejumlah rumput liar dan semak-semak di Google HQ.

Operasi tersebut mengerahkan 200 personel kambing, dan Google menyebutnya : “A lot cuter to watch than lawn mowers.” Artinya :”Tampak lebih lucu dilihat daripada mesin pemotong rumput biasa.

6)  Pengaruh Google di bahasa

Google on language
Jika anda pikir berita : Merriam-Webster dan Oxford English Dictionary menambah “Google” sebagai kata kerja ke dalam kamus mereka pada 2006 akan membuat Google terkejut, padahal sebenarnya Google biasa saja menanggapinya.

“Kami hanya ingin jelas bahwa anda hanya menggunakan ‘Google’ ketika anda merujuk kepada Google Inc. dan servis kami,” Tanggapan dari Google via blog post.

Google mempunyai Brand untuk dilindungi dan dikhawatirkan Google akan tergelincir dari status merk dagang menjadi penggunaan yang biasa. Just ‘Google it’!

Namun, kami menemukan beberapa kata yang bertemakan Google. ~ Staf Google umunya dipanggil ‘Googler’, dan ketika ada member baru join, maka mereka dipanggil ‘Noggler’. Noggler juga memakai pintalan warna-warni di atasnya.

Menurut karyawan lama, topi yang dipakai para Noggler cukup langka di kantor lain, malahan : “Setiap Noogler dapat papan nama dan balon senyman bewarna kuning.”

7)  Google yang Dog-Friendly

Google dog friendly
Google memang perusahaan yang “Super Dog Friendly”. Dengan bangga dipanggil “company dogs”, seperti Yoshka (gambar anjing di atas). Yoshka menemani Urs Holzle (senior VP operation) dan Google Fellow ke Googleplex. Karyawan juga diperbolehkan membawa anjingnya ke kantor.

Menurut “Dog Policy” (kebijakan anjing) oleh Google, satu kesembronoan itu terlalu banyak di karpet Google, atau kelakuan agresif, berarti Lassie akan tinggal di rumah selamanya. Kencing yang ‘jress’ dan anjing yang baik lebih dipersilakan melewati kampus.

Ini satu kutipan langsung dari Google : “Kasih sayang Google untuk teman anjing kami adalah segi integral dari budaya korporat kami. Kami suka kucing, tetapi kami adalah Dog Company, kucing akan stres jika mengunjungi kantor kami.”

Ups, kucing sepertinya tidak diperbolehkan.

8)  Snack Google Pertama Ialah ‘Swedish Fish’

Google snack
Di Februari 1999, permen kunyah “Swedish Fish” menjadi snack pertama yang dipesan di kantor Google.

Meskipun event yang kecil, tapi itu menjadi hal yang besar. Google bukan hanya menyediakan minuman gratis dan snack pada karyawannya, tetapi juga berbeque setiap musim panas.

Brin dan Page pernah dikutip mengatakan “Tidak ada Googler yang pergi lebih dari 100 kaki untuk makanan. "Microkitchen" (dapur kecil) sudah ditempatkan di sekitar kantor. Disana juga ada Google gym. Googler mengkonsumsi kira-kira 5.500 pound untuk coklat dari lemari microkitchen pada 2007. Wow!

9)  Logo Google Belum Ditengahkan Sebelum 2001

Google logo not centered
Homepage Google memang mempunyai desain yang klasik. Sebelum 31 Maret 2001, logo Google belum ditengahkan atau Left-Hand Side.

10)  Google Mempunyai Perusahaan Dinosaurus

Google company dinosaur
Banyak sekali hal yang menarik untuk dilihat di Googleplex, tetapi satu yang paling menawan yaitu tulang T-Rex raksasa yang dipanggil “Stan” setelah Dino ‘beneran’ ditemukan didekatnya.

Mengikutkan Stan sebagai hiasan kampus yang unik denagan replika SpaceShipOne, tema Android yang hebat, flamingo pink, manusia LEGO gede, kotak telfon yang bewarna kayak Google, dan lubang bola yang mengembang. Tinggal di Googleplex pasti jauh dari rasa sepi.

Sabtu, 09 Februari 2013

10 Situs yang Paling Sering Dikunjungi di Dunia


1. Google
Google adalah situs yang paling sering dikunjungi oleh para pengguna Internet. Lebih dari 6.000.000 pengguna Internet membuka situs google untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sama halnya dengan Yahoo!, Google juga merupakan search engine yang hanya perlu memasukkan kata kunci, sehingga kita dapat menemukan informasi yang dibutuhkan.


2. Yahoo!
Search Engine ini banyak digunakan oleh pemakai Internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan hanya dengan memasukkan kata-kata kunci. Selain itu, Yahoo! juga menyediakan berita terkini yang telah terjadi dan selalu di update dalam jamnya. Yahoo! dikunjungi sekitar 5.320.000 user setiap harinya.


3. Twitter
Twitter juga merupakan situs jejaring sosial cuma-cuma seperti Facebook. Namun, yang berbeda dari Facebook, situs ini menyediakan kotak pesan dengan maksimal 140 huruf yang disebut dengan tweets. Ide tweets ini didasari dari SMS pada Handphone, sehingga user dapat leluasa mengirim pesan satu sama lain atau ke banyak orang. Twitter juga sering disebut sebagai SMS Internet cuma-cuma. Kurang lebih, 5.100.000 orang mengunjungi situs ini termasuk bintang papan atas di seluruh dunia. Mereka lebih senang memakai twitter karena dapat meng-update kegiatan apa saja yang mereka lakukan kepada para fans mereka.

4. Facebook
Salah satu situs jejaring sosial cuma-cuma yang paling populer di kalangan remaja. Facebook setiap harinya dikunjungi kurang lebih oleh 5.000.000 orang dari seluruh dunia. Tampilannya yang sederhana memudahkan user untuk memberikan informasi tentang diri mereka kepada teman-temannya. Aplikasi-aplikasi banyak tersedia di situs ini mulai dari mp3, games, dan lain-lain.

5.Yahoo! Mail
Sekitar 4.700.000 user setiap harinya memeriksa e-mail mereka melalui Yahoo! Mail. Situs ini sangat populer karena tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Kontrol privasi sangat terjaga melalui situs ini, dan juga orang tua dapat memantau e-mail anak-anak mereka sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


6. Youtube
Dengan motonya Broadcast Yourself, situs ini merupakan tempat kumpulan video-video dari user yang terdaftar di situs ini. User dengan bebas dapat meng-upload video kreasinya masing-masing, selanjutnya user lainnya dapat menonton video tersebut lalu memberi komentar. Sebagian besar, tujuan user untuk mengunggah video mereka adalah untuk menjadi populer dan dapat masuk ke dunia entertainment. Sekitar 4.560.000 orang mengunjungi situs ini.

7. PayPal
PayPal merupakan situs yang membantu kita untuk melakukan transaksi melalui internet. Situs ini sangat populer terutama di Amerika Serikat karena sangat aman dan mudah untuk melakukan transaksi melalui internet. Situs ini dirancang demi keamanan para user untuk berbelanja suatu barang dan mengurangi dampak penipuan atau penyedotan kartu kredit. Sekitar 4.100.000 orang setiap harinya mengunjungi situs ini dari 223.000.000 user yang telah terdaftar di situs ini

8. Wikipedia
Wikipedia merupakan salah satu situs terbesar yang menyediakan ensiklopedia secara gratis kepada para user. User sendiri dapat membuat baru atau mengedit sebuah artikel yang ada di dalam situs cuma-cuma ini. Wikiedia tak hanya menyediakan artikel dalam bahasa Inggris, bahkan artikel dalam 35 bahasa lainnya (termasuk Bahasa Indonesia) tersedia di situs ini. Tercatat sekitar 3.600.000 orang mengunjungi situs ini per harinya untuk menambah wawasan dan informasi mereka.

9. WordPress
Salah satu situs yang menyediakan pembuatan blog bagi para user-nya. Situs untuk membuat blog ini sangat populer di kalangan remaja, mahasiswa, maupun perusahaan-perusahaan kecil karena tampilan yang sederhana dan rapi. Tercatat sekitar 3.250.000 orang menggunakan situs ini untuk membuat blog dan 1.000.000 di antaranya merupakan perusahaan-perusahaan atau toko-toko kecil yang mempromosikan barangnya melalui wordpress.com

10. Rapidshare
Situs yang satu ini sering dikunjungi oleh mereka yang mau download musik, game, ataupun aplikasi-aplikasi lainnya. Situs ini menyediakan 2 macam bentuk download, yaitu free download dan premium download. Tercatat bahwa sekitar 3.000.000 orang per harinya membuka situs ini dan sekitar 81% darinya melakukan pengunduhan file dari situs ini.